ARTIKEL STIPRAM





Hasil gambar untuk logo stipram




Sekolah   Tinggi   Pariwisata   Ambarrukmo(STIPRAM)   Yogyakarta,   berdiri   tahun   2001   dengan   nama   waktu  itu   AKADEMI PARIWISATA AMBARRUKMO (AKPRAM)   Yogyakarta. Saat   itu   AKPRAM   mempunyai program   studi   tunggal  yaitu   Program Studi   Perhotelan, dengan   jurusam   Perhotelan  UNTUK JENJANG   diploma  tiga (D-3).

Maka pada tahun 2008, AKPRAM meningkat status menjadi SEKOLAH TINGGI PARIWISATA AMBARRUKMO (STIPRAM) dengan menambanh program studi Hospitality jurusan Hospitality untuk jenjang STRATA-SATU (S1). Seiring dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap STIPRAM, maka Akreditasipun meningkat menjadi A baik untuk program studi Perhotelan maupun Hospitality/ Pariwisata.
PROGRAM STUDI :
  1. Program Studi Perhotelan: jurusan Perhotelan : jenjang D-3, Program D3 Perhotelan : 70% praktik dan 30% teori
  2. Program Studi Hospitality/Pariwisata : jurusan Hospitality/Pariwisata : jenjang S-1 Program S1 Hospitality/Pariwisata : 40% praktik dan 60% teori 
  3. Program Studi Pariwisata : jurusan Pariwisata : jenjang S-2, Progam S2 Pariwisata : konsentrasi MICE dengan didukung sebuah Auditorium yang sangat representatif.“                                                                                             
SISTEM PEMBELAJARAN :
 Fasilitas
  • Gedung
  • Perpustakaan
  • Restoran
  • Bar
  • Hotel
  •  Laboratorium Kitchen & Pastry


 AKREDITAS STIPRAM

Akreditasi
Peringkat 
No. SK
Instituti ‘STIPRAM’
B
1023/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2015
Prodi D3 Perhotelan
A
2681/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XI/2016
Prodi S1 Hospitality
A
1550/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016
Prodi S2 Pariwisata
Terakreditasi
379/KPT/I/2016 (No. Izin Operasional)

Kerjasama

Telah dijalin kerjasama yang sangat baik dengan institusi pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Untuk pengambilan Master Profesional Pariwisata dapat di ambil program AHLA (American Hotel Lodging Association) di Michigan atau IMI dan ITIS Switzerland atau MHTEC Kualalumpur, dapat langsung dilanjutkan dari STiPrAm.
Kerja Praktek di luar negeri maupun casual, network di Singapura, Malaysia, Belanda, Uni Emirat Arab, UK (Inggris) atau ke USA (Amerika) sudah merupakan salah satu sasaran pengalaman kerja.
Kenapa STiPrAm unggulan?
Kurikulum berbasis kompetensi kompetitif dan progresif, jaminan nilai profesional bagi SDM handal cukup diselesaikan dalam waktu relatif singkat. Memiliki pola pengajaran aktif, untuk membuka wawasan, penalaran sekaligus membangun jiwa kemandirian. Laboratorium lengkap, baik bahasa, komputer maupun hotel lab.lainnya dengan fasilitas lengkap kampus terpadu.
Khusus untuk tingkat Diploma 3, modul 30% teori dan 70% praktek, benar-benar diterapkan dengan actual measurement yang terprogram sejak mahasiswa duduk pada semester pertama sampai dengan terakhir, lewat kegiatan Job Oroentaion dan Casual Program agar mendapat job experience maksimal. Graduate Evaluation diterjemahkan sebagai konsekuensi akademis untuk melihat kekurangan dan kelebihan mahasiswa, untuk dibenahi terus-menerus setiap tahapan, lewat spesialisasi penjurusan.
Secara akademik dan profesi, kemampuan mahasiswa STiPrAm disiapkan pada level mengengah ke atas dengan mantap, sebab selain menguasai technical skill juga harus menguasai managerial skill. Bukan hal aneh semasih berstatus mahasiswa sudah terfasilitasi bekerja baik di dalam maupun luar negeri.
Membekali mahasiswa untuk eksis, mandiri dan percaya diri untuk merebut posisi terhormat di masa depan. Pembelajaran praktikum dengan modul seating-system, hanya ada di STiPrAm. Semua kegiatan praktikum dan praktek gratis dengan ditunjang keberadaan 15 hotel PT HIN. Biaya perkuliahan sangat murah dibanding apa yang didapatkan.
FASILITAS
Sudah suatu keharusan ruang perkuliahan memerlukan gedung. Demikian juga halnya dengan STiPrAm, tersedia banyak ruang kuliah yang aplikatif untuk aktifitas perkuliahan. Dilengkapi Air Conditioner (AC) pada masing-masing ruangan, maka perkuliahan akan terasa lebih menyenangkan. Selain gedung, di STiPrAm juga tersedia berbagai fasilitas untuk menunjang pembelajaran baik bagi mahasiswa maupun dosen.
Laboratorium Kitchen dan Pastry digunakan untuk memeprsiapkan agar mahasisswa dengan 70 % praktek dapat benar-benar memiliki kompetensi sehingga setelah lulus pasti siap untuk terjun keduani kerja atau dapat membuka peluang usaha
UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM)
  • English Speaking Community
  • Tari
  • Futsal
  • Pasty and Bakery
  • Modeling
  • Mapala
  • Basket
  • Musik
  • Paduan Suara
  • Badminton
  • Karawitan
  • Karate


 Kampus Stipram berlokasi di jalan Laksda Adisutjipto km.5 yang berdekatan dengan Ambarrukmo Plaza Yogyakarta. Namun sekarang STIPRAM baru berlokasi di Jl. Ahmad Yani No. 52, Ring Road Timur Yogyakarta Banguntapan Bantul. 



Komentar